Tongkat Giring-giring

Sinonim Giring-giring : 
  1. Bel
  2. Genta
  3. Gagenta
  4. Cir-cir
  5. Klintingan
 Kesamaan:
  1. Maraccas
  2. Tongkat berisi biji
  3. Rain stick

Tongkat Giring-giring adalah property yang digunakan dalam tarian Giring-giring, tongkat yang berjumlah dua ini terdiri dari pendek dan panjang, di pegang dan dihentakkan pada saat menari. 
Tari giring-giring atau juga disebut Gangereng biasanya ditampilkan untuk menyambut tamu, acara-acara bergembira, dan juga untuk selingan pada acara-acara tertentu. Tari giring-giring adalah tarian khas suku Dayak Ma'anyan yang mendiami daerah Kabupaten Barito Timur dan Kabupaten Barito Selatan provinsi Kalimantan Tengah.
Tongkat dan bambu tipis (telang) yg diisi dengan biji piding sehingga menghasilkan suara yg ritmis dengan iringan ensamble kangkanung, genang dan garantung oleh penarinya.
Dengan cara menghentakkan satu tongkat panjang ke lantai yang dipegang di tangan kiri dan di tangan kanan memegang bambu sambil digoyang-goyang agar mendapatkan bunyi (sesuai gerakan tarian), sedangkan kaki maju mundur mengikuti irama musik. 
Keserasian dari bunyi hentakan tongkat, getaran biji-biji dalam tongkat kecil serta gerakan tangan dan kaki itulah seirama dengan iringan musik yang energik mampu menimbulkan keindahan dan menjadi daya tarik tari Giring-giring.
Tarian ini biasanya ada disaat acara yang bersifat kegembiraan, seperti pesta panen,ataupun hajatan atau buntang/tiwah, yang biasanya para tua muda ikut bersenang-senang dalam alunan energik suara kenung, garantung dan gendang.
Ukuran tongkat yang pendek yang diisi dengan biji-bijian kira-kira 40 sampai 50 cm, sedangkan tongkat yang panjang yang dihentakkan ke lantai atau ke tanah kira-kira berukuran 1,5 meter.