Elemen-elemen musikal

Menurut Ronald Pen (1992) elemen-elemen musikal meliputi
1. Dasar bunyi yang terdiri dari: durasi yang menguraikan masalah konsep waktu, waktu dan pentingnya ingatan, serta tingkatan durasi bunyi; pitch yang menguraikan masalah titik nada dan instrumen, nada-nada musikal dan noise; dinamika yang mengurai tentang ukuran dinamika, penggunaan dinamika musikal, teknik instrumental, kombinasi instrumen, jarak antara performer dan audience; timbre atau warna bunyi, nada-nada fundamental, serta nada-nada yang berbunyi yang dikandung oleh suatu nada ketika nada tersebut berbunyi (overtones), dan gelombang suara.

2. Musik sebagai satu ukuran waktu yang menyangkut: beat atau pukulan; tempo; pengelompokan pola tekanan dari rangkaian pukulan-pukulan (meter) seperti perempatan, pertigaan atau perduaan; ritme, baik yang bersifat tetap maupun tambahan di luar pola yang tetap (aditive), notasi ritmik, hubungan antara ritme dan tempo, istirahat; birama dan tanda-tanda birama, tipe birama yang menyangkut birama sederhana, gabungan, asimetris dan campuran.

3. Musik sebagai satu ukuran spasi atau jarak atau ruang yang menguraikan tentang lambang-lambang jarak musikal yang terdiri dari titik nada dan interval, organisasi interval, dan nama-nama interval; titik nada dan notasi interval yang menyangkut nama-nama interval, kualitas interval; melodi yang mengupas mengenai kontur melodi, struktur yang juga mengupas mengenai nada, interval dan motif, frase, panjangnya frase, frase-frase pasangan, cadence; tangga nada dan kunci.

4. Musik sebagai satu ukuran dinamika yang menguraikan mengenai; metode pengontrolan dinamika yang mengupas soal dinamika melalui teknik instrumental, orkestrasi yang meliputi petak-petak dinamika dan kombinasi instrumen seperti batasan-batasan volume dan efek-efek koor; dinamika melalui satu jarak; notasi dinamika termasuk aksentuasi.

5. Timbre musikal yang mengurai tentang warna suara termasuk range atau rentangannya, warna ansambel vokal yang menyangkut komposisi ansambel, kombinasi antara ansambel dan vokal, teknik vokal Modern; warna suara instrumen menyangkut semua jenis instrumen.

6. Musik sebagai satu ukuran harmoni yang mengurai tentang: conssonance dan dissonance; tangga nada dan hubungan-hubungan kunci, penggunaan tangga nada dan kunci seperti tonic dan dominant; chord termasuk fungsinya; kualitas chord termasuk notasi dan kualitas; pentingnya kunci; chord progression; modulasi atau chord-chord perluasan; harmoni non tersian.

7. Bentuk atau urutan dalam musik yang menguraikan: bentuk sebagai prinsip pengorganisasian; hierarki dari unit formal seperti tone dan interval, motif, melodi, frase, periode, seksi, karya-karya yang menggunakan bagian tunggal maupun gabungan; prinsip-prinsip organisasi musikal seperti kesatuan dan variasi, pengulangan, kontras dan variasi; tipe-tipe bentuk musikal seperti bentuk strofik, bentuk aditif, bentuk biner, bentuk pengulangan yang sederhana maupun gabungan, bentuk variasi termasuk bentuk variasi yang terus menerus, dan bentuk-bentuk kombinasi.

8. Lagu: kesatuan antara musik dan teks yang menguraikan hal-hal seperti: elemen-elemen musik vokal seperti hubungan ritmis, birama, frase dan strofe, cadence, perkawinan antara tone dengan teks.

sumber kutipan :  http://andantemusica-royal.blogspot.com/2011/03/analisis-komposisi-musikal.html

back to article list