Salung

Salung merupakan instrumen musik berbentuk bilah, terbuat dari bahan kayu. Bilah-bilah kayu tersebut di bentuk dan disusun berderet diatas sebuah kotak resonansi sesuai dengan urutan nadanya. Agar bilah-biah tersebut tidak bergeser dari tempatnya, maka pada bagian kira-kira 10 cm sebelum ujung bilah tersebut biasanya diberi lubang, lubang ini untuk memasukkan pasak pengunci yang menancap berdiri di dinding kotak resonansi. sedangkan kotak resonansi atau tempat meletakkan bilah-bilah tersebut juga terbuat dari bahan kayu. Panjang bilah-bilah kayu penghasil nada tersebut antara 15 cm hingga 30 cm, semakin tinggi nada yang dihasilkan maka semakin kecil panjang bilahnya.

Salung dimainkan atau dibunyikan dengan menggunakan stick pemukul yang terbuat dari bahan kayu, jumlah stick pemukul sebanyak dua buah. Masing-masing stick tersebut dipegang mengunakan tangan kiri dan kanan, ujung stick dapat dibentuk tonjolan bundar, tonjolan ini dimaksudkan agar suara yang dihasilkan lebih nyaring. Panjang stick bisa 15 cm hingga 20 cm, tergantung keinginan si pemusik.

Selain terbuat dari bahan kayu, instrumen musik sejenis juga ada yang terbuat dari bahan bambu yang disebut dengan
Salung Telang, sedangkan yang terbuat dari bahan logam atau tembaga disebut dengan Sarun dan Dani. Saat ini instrumen musik sejenis yang terbuat dari bahan logam hampir punah keberadaannya.

  • kembali ke daftar isi
  • print this page Print halaman ini