Giring-giring

Tari Giring-giring Berasal dari suku Dayak Ma'anyan. Tari giring-giring adalah tarian khas Ma'anyan yang mendiami daerah Kabupaten Barito Timur dan Kabupaten Barito Selatan provinsi Kalimantan Tengah.

Tari giring-giring atau juga disebut Gangereng biasanya ditampilkan untuk menyambut tamu, acara-acara bergembira, dan juga untuk selingan pada acara-acara tertentu.

Tari giring-giring dilengkapi dengan tongkat & bambu tipis (telang) yg diisi dengan biji "piding" sehingga menghasilkan suara yg ritmis dengan alunan kangkanung (gamelan) oleh penarinya.

Menarinya yaitu dengan menghentakkan satu tongkat ke lantai yang dipegang di tangan kiri dan di tangan kanan memegang bambu sambil digoyang-goyang agar mendapatkan bunyi, sedangkan kaki maju mundur mengikuti irama lagu. Keserasian dari gerakan tangan dan kaki itulah yang menimbulkan keindahan dan menjadi daya tarik untuk menontonnya. Tarian ini biasanya ada disaat acara yang bersifat kegembiraan, seperti pesta panen,ataupun hajatan atau buntang/tiwah, yang biasanya para tua muda ikut bersenang-senang dalam alunan lembut suara kenung dan gendang.




save the orangutans