1. Gandang/Babun

Instrumen musik Gandang atau dalam bahasa suku-suku Dayak Barito (antara lain; suku Dayak Ma'anyan, suku Dayak Dusun) disebut Babun, adalah alat musik dari kelompok membranophone untuk mengiringi tarian dan lagu yang dinyanyikan. Karena itu, alat musik gandang pun sangat populer sebagai sebuah bagian harmoni di kalangan masyarakat Suku Dayak.

Bebunyian Gandang merupakan pelengkap perangkat musik yang terdiri atas berbagai jenis alat musik termasuk rangkaian instrumen lain di antaranya; Garantung (gong) dan Kangkanong (kenong).

Gandang terbuat dari bahan kayu dan rongga , sementara membran atau selaput getar dibuat dari kulit hewan atau binatang dengan ukuran besar, antara lain; sapi, kerbau, kambing atau jenis kulit binatang lain untuk menutupi rongga dan diikat dengan rotan. Membrab tersebut menutupi satu bagian sisi rongga dan terdapat juga yang tertutup di kedua sisi rongganya.

Sebelum kulit binatang itu dijadikan selaput getar atau membran gandang, kulit binatang itu dikeringkan dan dipasangkan menutupi semua bagian rongga dan untuk mengencangkan membran digunakan beberapa baji pada simpei (simpul).

Menurut sejarah dan galian kepurbakalaan, sejumlah kalangan mempercayai bahwa gandang merupakan alat musik tradisional dari daratan Cina sejak sekitar 3.000 tahun yang lalu dan kemudian berkembang ke seluruh dunia dibawa oleh para perantau yang membawa tradisi kesenian ke luar Cina.

Pada zaman purbakala, Gandang itu tidak saja digunakan untuk acara persembayangan atau persembahan kepada dewa-dewa dengan tarian dan nyanyian, tetapi juga untuk menggetarkan semangat perjuangan para tentara untuk maju perang dan digunakan sebagai alat komunikasi.

Di kalangan masyarakat Suku Dayak dikenal berbagai jenis gandang, antara lain; Gandang Tatau, Gandang Manca dan Gandang Bontang., Gandang Paningkah , Gandang Panggulung, Gandrang Mara, dan yang termasuk salah satu jenis Gandang yaitu Katambung, namun bentuk dan ukurannya fisiknya jauh berbeda. Jenis-jenis Gandang itu memiliki ukuran yang berbeda dan penggunaan yang berbeda pula.


  • kembali ke daftar isi
  • print this page Print halaman ini