Sample Sound of Kacapi

Dalam sample ini diperdengarkan instrumen Kacapi yang dimainkan secara ansembel, yaitu dengan dua buah Kacapi dan satu Garantung (Gong). Masing-masing Kacapi memainkan perannya sendiri-sendiri, Kecapi pertama memainkan ritem dan melodi dasar, sedangkan Kacapi kedua memainkan melodi Paningkah (isian atau variasi melodi).
Sebenarnya melodi yang dimainkan kedua instrumen Kacapi tersebut merupakan motif-motif pengulangan yang secara terus menerus, tanpa adanya pengembangan baik melodi dasar maupun melodi Paningkah. Sedangkan Garantung (gong) hanya berfungsi sebagai penanda akhir ketukan atau nada berat.

Kacapi dimainkan tanpa adanya notasi atau tulisan patern, para pemusik Kacapi memainkan Kacapi hanya berdasarkan ingatan, hafalan dan insting bermusik mereka secara turun temurun (pembelajaran lisan/oral poetry)

Selain dapat dimainkan dengan instrumen Garantung, Kacapi juga biasa dimainkan dengan instrumen musik lain, seperti Rabab (rebab), Suling, dan Gandang (Kendang). Pada perkembangannya, seiring dengan dikenalnya instrumen musik lain (moderen), dapat ditambahkan pula dengan intrumen Bass akustik maupun Electrik dan juga Keyboard, sesuai dengan selera dan kreativitas musisinya.

Kacapi juga biasa sebagai intrumen pengiring seni vocal Karungut, yaitu seni vocal tradisional suku Dayak Ngaju, sejenis seni vocal pantun yang bercerita. Kacapi juga sebagai musik pengiring untuk beberapa jenis tari-tarian (Tasai atau Manganjan).




Sample ini mungkin kurang bagus,tapi paling tidak dapat memberikan bayangan seperti apa sound dari Instrumen Kacapi tersebut. Di lain waktu akan kami tambahkan sound yang lebih bagus.terimakasih.



  • kembali ke judul awal
  • ke daftar isi