Bentuk Musik Kacapi Bersenar Dua
Bentuk musik Kacapi bersenar dua biasanya hampir mirip antara permainan Kacapi untuk iringan tari, iringan vokal, ritual, maupun instrumental, hingga terkesan sama dan monotone. Permainan Kacapi ini lebih pada permainan melodi ritmis, dengan pengulangan pada motif-motif nada di bagian melodi pokok. Dalam permainan utuh Kacapi terdapat melodi pembuka (Introduction), melodi pokok, dan melodi penutup (Coda).
Petikan Kacapi adalah musik yang disusun secara vertikal, artinya masing-masing suara pada setiap saat menghasilkan salah satu akor yang menentukan juga kombinasi nada yang dipakai oleh masing-masing suara (gaya homofon), Terdapat harmoni nada minor atau akor minor yang dominan pada nada re kemudian mi yang dipetik bersama dengan nada la. Nada (la) adalah nada ikutan (differential tone), yaitu nada yang turut berbunyi pada salah satu nada (nada re atau mi) yang dibunyikan, sedangkan nada ikutan (nada la) tersebut lebih rendah dari nada pokok.
Nada-nada yang dipetik pada senar satu atau senar bawah biasanya paling sering dipetik bersamaan dengan nada la, yaitu pada senar atas atau senar dua yang dimainkan lepas, sehingga menghasilkan akor atau harmonisasi nada minor. Birama yang dipakai adalah 4/4 dengan tempo moderato yaitu antara 99-100 langkah permenit untuk instrumental, sedangkan untuk iringan menggunakan birama 4/4 dan menggunakan tempo andante yaitu 80-90 langkah permenit, atau menggunakan tempo maestoso antara 70-80 langkah permenit.
Contoh patern pembuka (Introduction) pada permainan Kacapi bersenar dua :

Contoh patern melodi pokok pada permainan Kacapi bersenar dua, menggunakan melodi Karungut Tandak Mandau:

Contoh patern penutup (Coda) pada permainan Kacapi bersenar dua:

Jumlah pemain Kacapi dapat terdiri dari satu, dua, atau tiga orang, artinya apabila dimainkan oleh dua atau tiga orang maka satu Kacapi bersenar dua memainkan ritmik dan yang lainnya bersenar tiga memainkan melodi. Permainan Kacapi bersenar dua yang dimainkan satu orang memainkan pola petikan melodi ritmik (melodi dan akor). Pemain Kacapi bersenar dua, dapat disebut sebagai seorang pemain yang memainkan jalur (melodi) pengiring (accompanist).
>>> lihat juga article tentang instrumen Kacapi selengkapnya


halaman 1||ke halaman 2