About Central Kalimantan

Central Kalimantan, Indonesia
Kalimantan Tengah adalah salah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Kalimantan. Ibukotanya adalah Palangka Raya.

Kondisi Alam
BagianUtara terdiri Pegunungan Muller Swachner dan perbukitan, bagian Selatan dataran rendah, rawa, paya-paya. Berbatasan dengan tiga Provinsi Indonesia yaitu Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Barat ,serta Laut Jawa.I klim tropis lembab, dilintasi garis equator.

Keanekaragaman Hayati
Banyak belum diketahui, dengan ragam wilayah pantai, gunung / bukit, dataran rendah dan paya, segala macam vegetasi tropis mendominasi alam daerahini. Orang Hutan merupakan hewan endemik yang masih banyak di Kalteng khususnya di wilayah Taman Nasional tanjung Puting yang mencapai 300.000 Ha di Kabupaten Kotawaringin Barat dan Seruyan. Terdapat orang utan, beruang, landak, owa-owa, beruk, kera, bekantan, trenggiling, buaya, kukang, paus air tawar (tampahas), arwana, manjuhan, biota laut, penyu, bulus, burung rangkong/enggang/tingang, betet / beo dan lain-lain bervariasi tinggi.
Kalimantan in red

Sumber Daya Alam
Hutan mendominasi wilayah 80 %. Hutan primer tersisa sekitar 25 % dari luaswilayah. Lahan yang luas saat ini mulai didominasi kebun Kelapa Sawitmencapai 700.000 Ha (2007). Perkebunan karet dan rotan rakyat masih tersebar hampir diseluruh daerah, terutama di Kab Kapuas, Katingan, Pulang Pisau, Gunung Mas dan Kotawaringin Timur. Banyak ragam potensi sumber alam, antara lain yang sudah diusahakan batu bara, emas, zirkon, besi. Terdapat pula tembaga, kaolin, batu permata dan lain-lain.

Suku Bangsa
Sebutan umum suku Dayak yang ada di Kalteng adalah suku Dayak Ngaju (dominan), suku lainnya yang tinggal di pesisir adalah Banjar Melayu Pantai merupakan 25 % populasi. Di samping itu ada pula suku Jawa, Madura, Bugis dan lain-lain. Suku Dayak di Kalteng antara lain :
* Suku Dayak Ngaju
* Suku Dayak Ot Danum
* Suku Dayak Bakumpai
* Suku Dayak Maanyan
* Suku Dayak Dusun
* Suku Dayak Lawangan
* Suku Dayak Siang Murung
* Suku Dayak Punan
* Suku Dayak Sampit
* Suku Dayak Kotawaringin Barat
* Suku Dayak Katingan
* Suku Dayak Bawo
* Suku Dayak Taboyan
* Suku Dayak Mangkatip