Sebutan untuk bagian-bagian pada organ dan ukuran Kacapi yang bersenar dua maupun yang bersenar tiga hampir sama (kecuali jumlah senar yang berbeda), namun ukuran tergantung kepada kreativitas masing-masing si pembuatnya. Berikut ini uraian nama atau sebutan dalam bahasa Dayak Ngaju untuk bagian-bagian pada organ serta ukuran Kacapi ;

1).Kuluk Kacapi (Head)
Adalah bagian kepala Kacapi dimana bagian Palutar (pemutar senar) terpasang, pada bagian ujungnya bisa tidak terdapat ukiran ornamen namun bisa juga terdapat ukiran yang berbentuk kepala burung tingang atau enggang (great hornbill).

2).Palutar Kacapi. (Tunninghead)
Palutar adalah bagian yang menyerupai pasak dari kayu, ada yang berbentuk pipih ada pula yang bundar, fungsinya sebagai pemutar senar (stemmer), terpasang pada bagian Kuluk Kacapi (Head). Jumlahnya disesuaikan dengan jumlah senar

3).Gandar Kacapi (Fingerboard)
Gandar Kacapi atau papan melody (fingerboard) adalah bagian tempat memainkan nada yang di tekan dengan jari (fingerring), pada bagian ini penggunaan jari tangan sama seperti cara memegang dan memainkan nada pada gitar. Pada bagian fingerboard ini polos tidak memiliki fret atau kotak nada atau garis pembatas nada sama seperti pada biola atau cello.

4).Bitin Kacapi. (Resonansi)
Bitin adalah bagian perut atau tubuh Kacapi, dimana terdapat rongga atau tabung suara (resonansi). Bagian ini lalu ditutup dengan lembaran kayu tipis, fungsinya sebagai resonansi.

5).Rumbak Kacapi (Sound Hole)
Rumbak Kacapi (Sound Hole) adalah sebuah lobang kecil, yang letaknya di depan bagian tengah tutup resonansi atau pada bagian tengah Bitin Kacapi. Berfungsi sebagai tempat keluar masuknya getaran bunyi senar Kacapi.

6).Senta Kacapi (Bridge)
Senta (Bridge) adalah bantalan atau tumpuan atau penunjang dawai (pada alat musik berdawai sejenis), yang diletakkan di atas tutup Bitin Kacapi beberapa sentimeter di belakang Rumbak (Sound Hole). Senta ini dapat digeser maju dan mundur, agar dapat menyesuaikan dengan tinggi rendahnya nada dasar (range) yang diinginkan.

7).Alas Senar Depan (Nut)
Alas senar depan merupakan bagian yang tidak ada penyebutannya atau tidak ada nama dalam bahasa Dayak Ngaju, namun apabila diberi nama sesuai dengan bahasa Dayak Ngaju kira-kira penyebutannya adalah Senta Baun, letaknya antara Kuluk (head) Kacapi dan Gandar (fingerboard), fungsinya sebagai penahan senar sesuai jarak pada bagian ujung Gandar (fingerboard). Berikut di bawah ini contoh gambar salah satu bentuk Kacapi suku Dayak Ngaju dan bagian-bagian pada organnya.

Gambar oleh : Satriawan
Berdasarkan wawancara dengan Bajik R. Simpai
Model Kacapi : Koleksi Nila Riwut


Dikutif dari Skripsi Penelitian Kacapi, Judul ; Kacapi Suku Dayak Ngaju Kalimantan Tengah. Penulis : Satriawan. Fakultas Seni Pertunjukan, Jurusan Etnomusikologi, Institut Seni Indonesia Yogyakarta