-->
Sistem Pembelajaran Kacapi
Masyarakat Dayak Ngaju tidak mengenal cara-cara atau sistem pembelajaran Kacapi secara formal. Seringnya melihat dan mendengar permainan Kacapi adalah hal yang penting agar bisa meniru dan memainkan Kacapi. Penghafalan karakter bunyi dan nada yang dihasilkan Kacapi dapat membantu mereka untuk belajar dan bagaimana mengatur stem senar pada Kacapi ini.

1. Stem Senar Kacapi
Stem senar Kacapi biasanya selalu dimulai dari senar kedua pada Kacapi jenis senar dua maupun senar tiga, hal ini dilakukan karena senar dua adalah nada dasar yang menentukan tinggi rendahnya nada dasar pada Kacapi. Pencocokan vokal selalu dilakukan dengan menggunakan senar dua yang dipetik secara lepas, setelah senar dua dianggap cocok maka dilanjutkan dengan memetik senar dua dan senar satu secara bergantian. Petikan memakai jari telunjuk ataupun kuku jempol (silu) dimulai dari atas yaitu senar dua lalu ke bawah yaitu ke senar satu hingga menghasilkan harmoni nada vertikal minor, yaitu nada la dan nada do pada Kacapi senar dua. kemudian dilanjutkan dengan memetik senar dua dan senar satu secara bersamaan sehingga terdengar seperti memainkan akor, namun kali ini pada senar satu ditekan nada re pada fingerboard.

Teknik Memainkan Kacapi Bersenar Dua

Apabila ingin memainkan Kacapi bersenar dua hafalkan dulu stem senarnya, lalu kemudian menghafal posisi nada pada fingerboard atau gandar. Pada Kacapi senar dua ini, petikan senar selalu dipetik memakai Silu dalam bahasa Ngaju (kuku) jari telunjuk yang disatukan dengan jari jempol. Namun apabila telah mahir dalam memetik senar, penggunaan jari telunjuk akan jarang, penggunaan Silu (kuku) jari jempol-lah yang paling sering. Jempol akan memetik secara turun naik secara cepat pada satu senar atau dua senar sekaligus tergantung pada petikan nada. 
 
Memetik dengan cara menggunakan Silu (kuku) jari jempol karena jari jempol lebih kuat namun pleksibel, sedangkan Silu (kuku) berfungsi sebagai alat bantu petik seperti Pick pada alat bantu petik gitar elektrik, digunakannya Silu jempol ini dikarenakan lebih kuat dibandingkan dengan Silu jari telunjuk.
 
Petikan Kacapi senar dua ini, lebih sering menggunakan petikan dua senar sekaligus, yaitu senar dua dipetik lose senar dan senar satu yang dipetik dengan menekan bagian nada re atau mi pada papan nada atau fingerboard. Petikan senar dan nada-nada yang dimainkan membentuk bunyi dua nada (nada vertikal) atau harmoni minor, contoh nada la dan nada re (lihat contoh satu), nada la dan nada mi (lihat contoh dua). Nada do tidak dipetik pada senar satu, melainkan dipetik dengan jari jempol pada posisi di senar dua, dengan demikian tidak memungkinkan nada do untuk dibunyikan sekaligus bersamaan dengan nada la pada senar dua melainkan dipetik la dan do secara bergantian (lihat contoh tiga). Keterangan pada contoh terdapat tanda silang atau x, artinya tidak dipetik atau tidak dimainkan nadanya.

Contoh satu : petikan secara bersamaan pada nada re dan la, dipetik dari senar atas ke bawah.



-->
Contoh dua : petikan secara bersamaan pada nada mi dan la, dipetik dari senar atas ke bawah.



Contoh tiga : petikan secara bergantian pada nada do dan la.



Dikutif dari tulisan Skripsi Judul : "Kacapi Suku Dayak Ngaju Kalimantan Tengah". Penulis : Satriawan. Fakultas Seni Pertunjukan, Jurusan Etnomusikologi, Institut Seni Indonesia Yogyakarta