Sistem Tangga Nada (modus)
Tangga nada yang digunakan pada Kacapi adalah tangga nada minor anhemitonik pentatonic yaitu nada yang tanpa menggunakan nada tengahan. Nada pada Kacapi adalah sebagai berikut ;

a). Kacapi bersenar dua adalah la, do, re, mi, atau sama dengan 6, 1, 2, 3.
b). Kacapi bersenar tiga dari Kapuas-Kahayan menggunakan nada la, do, re, mi, sol, atau sama dengan 6, 1, 2, 3, 5.
c). Kacapi bersenar tiga dari Tanah Siang (Kacapi Tari Alai) menggunakan nada- nada do , re, mi ,fa, sol, la, si, do 2, atau sama dengan 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 1 oktav.

Berikut tabel muatan nada pada masing-masing jenis Kacapi.
1 Kacapi Katingan jumlah senar Dua Buah, nada 6, 1, 2, 3
2 Kacapi Kapuas-Kahayan jumlah senar Tiga Buah, nada 6, 1, 2, 3, 5
3 Kacapi Tanah Siang jumlah senar Tiga Buah, nada 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 1 oktav

Letak Nada Kacapi
Stem senar pada Kacapi tidak memiliki standar baku atau standar garputala seperti stem senar pada gitar atau standar nada dasar yang dimiliki musik barat, sistem stem senar yang digunakan yaitu hanya mengikuti insting, kebiasaan, dan menyesuaikan kemampuan jangkauan nada dasar dalam melantunkan vokal (range). Berikut uraian nada dan letak nada (bukan akor) pada papan penjarian (fingerboard) masing-masing jenis Kacapi ;

1) Nada Pada Kacapi Bersenar Dua.
Kacapi jenis ini hanya memiliki jumlah senar dua, yaitu senar atas dan senar bawah. Pada senar bawah atau senar ke-satu apabila dipetik secara lepas (lose senar) akan mengkasilkan bunyi nada do = 1, sedangkan pada senar atas atau senar ke-dua apabila dipetik secara lepas (lose senar) menghasilkan bunyi nada la = 6.
Pada senar bawah atau senar satu apabila ditekan atau dimainkan pada bagian papan nada (Fingerboard ) terdapat nada re = 2, dan mi = 3. Letak nada re = 2 berjarak kurang lebih 5 cm diukur mulai dari bagian alas senar, kemudian nada mi = 3 berjarak kurang lebih 10 cm diukur mulai dari bagian alas senar atau bila diukur dari nada re = 2 berjarak kurang lebih 5 cm.
Pada senar atas atau senar dua la = 6, apabila senar tersebut ditekan atau dimainkan pada bagian papan nada (Fingerboard), terdapat nada do = 1 yang berjarak kurang lebih 7 cm dari alas senar.


Berikut contoh gambar tabulasi posisi nada, ukuran jarak nada.


2) Nada Pada Kacapi Bersenar Tiga
Dua versi Kacapi bersenar tiga yaitu versi Kapuas-Kahayan dan versi Tanah Siang. Keduanya selain sama-sama memiliki senar berjumlah tiga juga memiliki bentuk dan organ yang hampir mirip satu sama lainnya, hanya saja jumlah nada yang digunakan memiliki perbedaan.

 
Kacapi Bersenar Tiga Versi Kapuas-Kahayan
Kacapi bersenar tiga versi Kapuas-Kahayan ini hanya memiliki nada yaitu Do, re, mi, sol, dan la, tanpa adanya fa dan si. Nada senar satu apabila dipetik secara lepas atau lose senar menghasilkan bunyi nada 3 oktav = mi2, sedangkan senar ke dua yaitu senar tengah apabila dipetik secara lepas atau lose senar menghasilkan bunyi nada 6 = la, dan senar atas atau senar ketiga apabila dipetik secara lepas atau lose senar menghasilkan bunyi nada 3 = mi.
Pada senar satu apabila ditekan atau dimainkan pada posisi gandar (fingerboard), menghasilkan nada 5 oktav = sol2 dan nada 6 oktav = la2. Jarak nada 5 oktav dengan nut kurang lebih 5 cm, sedangkan jarak 6 oktav dengan nut kurang lebih 10 cm.
Senar dua apabila ditekan atau dimainkan pada posisi gandar (fingerboard), menghasilkan nada 2 oktav = re2 dan 3 oktav = mi2. Jarak nada 2 oktav dengan nut kurang lebih 5 cm, sedangkan jarak 3 oktav dengan nut kurang lebih 10 cm atau sejajar secara vertikal dengan nada 6 = la di senar tiga.
Pada senar tiga apabila ditekan atau dimainkan pada posisi gandar (fingerboard), menghasilkan nada 6 = la. Nada la ini berjarak dua nada dengan ukuran jarak apabila diukur mulai dari nut kira-kira kurang lebih 10 cm. Berikut contoh gambar tabulasi posisi nada tersebut.



Dikutif dari Skripsi Penelitian Kacapi, Judul ; Kacapi Suku Dayak Ngaju Kalimantan Tengah. Penulis : Satriawan. Fakultas Seni Pertunjukan, Jurusan Etnomusikologi, Institut Seni Indonesia Yogyakarta